bannerkios

Artikel Cutting Sticker

Cutting sticker


Pengertian dari cutting sticker adalah merupakan sebuah teknik pemotongan bahan sticker (Vynil,Scotlight,Texture,etc) sesuai dengan desain yang diinginkan, entah itu permainan warna ataupun corak.

Kegunaannya?
Cutting sticker biasa digunakan untuk advertising / promosi bisnis anda,grup/club tertentu dengan cara menempelkan pada dinding/kaca (interior), plang/billboard/neonbox, kendaraan (Branding), product tertentu, etc. Bisa juga untuk keperluan pribadi, contohnya untuk interior rumah/kantor,desain mobil/motor,ataupun untuk menghias barang pribadi lainnya.

Kenapa menggunakan Cutting Sticker?
Selain dapat membuat sticker sesuai keinginan, bahan dari cutting stiker ini lebih tahan lama walaupun kena panas matahari dan hujan, tidak merusak dan gampang untuk dilepas dan diganti yang lainnya, untuk warnanya tentu tidak akan memudar karena bahan dari cutting sticker tidak memakai tinta.

Kelebihan Cutting Sticker :

Dibandingkan dengan sticker digital printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.

Jenis sticker cutting seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini.

Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi.
Tetapi pada saat ini ada teknologi terbaru yaitu PrintCut. Teknologi ini merupakan gabungan antara digital printing dengan cutting dimana sticker yang telah dicetak/ di-print akan dipotong mengikuti contour dari bentuk desain sticker tersebut. Tetapi mesin yang bisa melakukan pekerjaan ini masih tergolong mahal apalagi ketersediaan spare part nya di Indonesia masih jarang karena tergolong teknologi baru.

Kekurangan Cutting Sticker :

Terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi).
Akan tetapi hal ini bisa disiasati dengan teknik gambar animasi, seperti menggunakan program Raster to Vector atau pakai CorelĀ®Trace, dll. Tentu saja tidak bisa langsung dipakai karena gambar harus dirapikan terlebih dahulu.

Proses pembuatan yang lebih rumit dibandingkan dengan sticker digital printing

Waktu pengerjaan yang lebih lama karena ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara manual, seperti weeding/ peeling (atau mengelupas bagian sticker yang tidak perlu)

Berbagai jenis bahan sticker :

    Vinyl

    - Oracal Series

    a. seri 651   : tersedia glossy, matt / doff ( aplikasi penggunaan yang lebih luas untuk outdoor,
                          indoor, stiker mobil, motor, papan nama, dll )

    b. seri 551   : penggunaan hampir sama dengan 651 tetapi kualitas lebih bagus

    c. seri 751   : tipe casting , elastisitas bagus, biasanya untuk keperluan otomotif

    d. seri 8500 : translucent (semi doff) , untuk keperluan pencahayaan (neonbox dan advertising)
                          dan tingkat kelenturan diatas 8300

    e. seri 8300 : transparant (biasanya untuk keperluan pencahayaan seperti neon box, atau
                          menutup kap lampu otomotif)

    f. seri 970    : merupakan seri premium casting, untuk kebutuhan wrapping (bungkus full body)

    g. orajet       : bisa untuk digital printing maupun cutting (printcut)

    - Merk Vinyl lainnya : avery, ritrama, 3m (scothcal), mactac (maccal), dcfix, aslan, rexcall, dll

    Scothlite (reflective)
    Merk yg umum digunakan adalah 3M, Kiwalite dan stiker china.
    Hanya merk 3M dan Kiwalite yg tersedia lebar 120 cm
    berurutan dari kualitasnya : 3m - kiwalite - china (transign, seicholite, xlite, rexlite, dll)

    Sandblast
    Merk yg sering digunakan adalah : TAKI (120 cm & 150 cm), Hyundai, Kolon, SKJ, 3M dll. Biasanya digunakan untuk kaca kantor, gedung, interior, kaca separasi, rumah sakit, dll.

    Hologram
    Biasanya untuk segel atau merk suatu produk

    Carbon Kevlar
    Sticker ini umumnya tebal dan bertekstur, biasanya banyak digunakan untuk variasi mobil dan memerlukan alat khusus untuk memasangnya

    Fosfor ( Glow In The Dark )
    Stiker jenis ini banyak digunakan untuk safety sign atau rambu K3 karena kemampuannya untuk menyimpan cahaya dan menyala dalam kondisi gelap sekalipun. Biasanya dipasang pada pintu emergency, tangga darurat, dsb.



Bantu Promo yah
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP
 
Custom Search

Facebook Page

 

Cutting sticker - All the company logos included on this site are the propriety of their respective companies and are protected by trademark. They are provided as a convenience only and any use of these logos is the responsibility of the purchaser. KiosSticker.com does not represent any company displayed in the online store and purchasing decals from us does not give the purchaser any authorization for their use. By purchasing decals or cutting sticker on KiosSticker.com you convey that you have the authority to use them. If your logo or design appears on this site, contact us and we will remove it.
Ā© 2011 kiossticker.com . All Rights Reserved. - Powered by KiosDigital.net